Mengoperasikan
sistem operasi berbasis GUI
KEGIATAN BELAJAR 1
KOMPONEN
SISTEM KOMPUTER
Pada pokok
bahasan ini akan membahas komponen sistem komputer terdiri dari perangkat keras
(hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna (user/brainware)
2.1.
Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat
keras (Hardware) yaitu suatu perangkat yang berfungsi melakukan
proses input (masukan), proses pengolahan data dan output (keluaran). Secara
umum perangkat keras komputer dapat digambarkan seperi blok diagram di bawah
ini :
Gambar 2.1. Blok diagram komputer
2.1.1.
Perangkat Masukan (Input Devices)
Perangkat
masukan berfungsi untuk memasukkan data atau input untuk diproses menjadi
informasi atau keluaran. Adapun perangkat masukan terdiri dari :
2.1.1.1.
Mouse
Pemakaian
mouse merupakan bagian penting dari Sistem Operasi yang menggunakan tampilan
Grafik. Pada saat bekerja, penggunaan mouse sering dipergunakan dengan istilah
Pointer (Penunjuk) berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan penunjuk mouse pada
desktop (ruang kerja)
Mouse
sebagai alat bantu untuk menjalankan perintah mengoperasikan software baik
Operating System maupun Software Aplikasi seperti menunjuk, memilih, membuka
maupun memindah obyek
Gambar 2.2. Mouse
Berikut
macam perintah , fungsi serta bagaimana menggunakan mouse
Tabel -2.1.. Macam perintah menggunakan Mouse
2.1.1.2.
Keyboard
Keyboard
atau papan ketik, merupakan perangkat yang sering dipergunakan didalam kegiatan
sehari‐hari. Karakteristik dan susunan papan ketik ha pir sama dengan mesin ketik
manual seperti susunan huruf QWERTY tetapi terdapat beberapa tambahan‐tambahan
fungsi lainnya seperti tombol Esc, F1, ,F12,
Gambar 2.6 Keyboard
2.1.2.
Unit Pemrosesan Secara Terpusat (CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU))
Didalam
proses kerja suatu komputer, processor merupakan bagian
terpenting dalam melakukan proses masukan dan keluaran. CPU bisa disebut
sebagai otak dari komputer, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini
:
Gambar 2.7. Central Processing Unit
Gambar
2.7.A. Masyarakat umum mengenalnya atau sering menyebut dengan nama CPU
(Central Processing Unit), gambar 2.7.B. menunjukkan jika chasing sebuah
komputer dibuka sehingga terlihat perangkat yang ada didalamnya, sedang gambar
2.7.C. menunjukkan bentuk fisik sebuah prosessor yang sesungguhnya berfungsi
sebagai CPU.
2.1.3.
Perangkat Keluaran (Output Devices)
Salah satu
perangkat yang berfungsi untuk melihat hasil proses dari masukan, adapun
perangkat tersebut adalah sebagai berikut :
2.1.3.1.
Monitor
Monitor
merupakan salah satu perangkat yang berguna menampilkan informasi yang
dihasilkan dari proses input
Gambar 2.8. Monitor
CTR Gambar
2.9. Monitor LCD
2.1.3.2.
Printer (Alat Cetak)
Peranti ini
berfungsi untuk mencetak hasil proses dari masukan (Input), berupa teks
atau gambar
Gambar 2.10. Printer
2.1.3.3.
Speaker
Peranti ini
berfungsi untuk menghasilkan suara yang telah diproses di dalam komputer.
Gambar 2.10. Speaker
2.1.4.
Media Penyimpanan Data (Storage Devices)
Media
penyimpanan berfungsi untuk menyimpan data atau informasi yang ada dalam
komputer. Media penyimpanan data terdiri berbagai jenis antara lain :
2.1.4.1.
Hard Driver (Hardisk)
Merupakan
suatu media penyimpanan internal yang kapasitasnya besar, untuk saat ini
kapasitas hardisk mencapai 320 GB. Harga dari media ini tergolong mahal.
Gambar 2.1.1. Hard Disk
2.1.4.2.
Disket
Merupakan
suatu media penyimpa an data yang berbentu seperti amplop dan dapat menyimpan
data antara 700 Kb hingga 144 Mb.
Gambar 2.12. Disket
2.1.4.3.
CDR M/DVD
Merupakan
media penyimpanan berberbagai bentuk piringan. CD ROM mampu menyimpan data
sampai 700 Kb, sementara DVD mampu menyimpan antara 4 GB higga 9 GB.
Gambar 2.13. CD ROM
2.1.4.4.
Flash disk
Merupakan
media penyimpanan data berbentuk pena, beru uran antara 64 Mb hingga 4 Gb =
(4096 Mb)
Gambar 2.14. Flash Disk
2.2.
Perangkat Lunak (Soft ware)
Perangkat
lunak (software) adalah suatu perangkat yang berfungsi menghubungkan
atau menjembatani antara perangkat keras (hardware) dengan pengguna (user/brainware).
perangkat lunak secara umum terbagi menjadi 2 bagian yaitu :
2.2.1.
Perangkat lunak sistem operasi (Operating System Software)
Perangkat
system perasi merupakan bagian terpenting didalam menjalankan suatu perangkat
komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembatani antara
pengguna dan perangkat keras dan sekaligus mengelola perangkat keras dan
perangkat lunak yang digunakan komputer.
Adapun
Sistem operasi tersebut bersifat :
Multiuser
: dapat
digunakan oleh banyak user dan dapat membe-dakan hak aksesnya
Multitasking
:
dapat melakukan banyak tugas dalam waktu
yang bersamaan
Berdasarkan
tampilannya sistem operasi terbagi menjadi dua klasifikasi yaitu :
2.2.1.1.
Sistem operasi berbasiskan teks
Merupakan
sistem operasi yang menggunakan teks sebagai sistem. Ada beberapa contoh dari
sistem operasi berbasiskan teks, yaitu :
-
DOS, (Disk Operating System) yang dikeluarkan oleh Microsoft
pada tahun 1981, lihat gambar berikut :
Gambar 2.25. DOS
- Unix
merupakan system operasi berbasis jaringan yang dikeluarkan tahun 1960
dan merupakan sistem operasi tertua. Bagian dari Unix yaitu ;
1.
Unix
2.
OpenBSD
3.
FreeBSD
Unix pertama
kali digunakan oleh komputer jenis IBM, HP dan Sun Solaris.
2.2.1.2.
Sistem operasi berbasiskan Unit grafis antar muka (GUI / Graphic Unit
Interface)
Merupakan
sistem operasi yang berbasiskan gambar atau grafis unit antar muka, Ada
beberapa contoh dari sistem operasi berbasiskan GUI, yaitu :
-
Windows merupakan sistem operasi berbasis GUI (Graphical User
Interface) yang dikeluarkan oleh Microsoft.
- Macintosh pertama
dikeluarkan pada bulan Januari 1984 sangat mudah digunakan (user friendly)
dibandingkan dengan yang lainnya. Versi terakhir yang dikeluarkan Macintosh
sistem operasi yaitu sistem X yang digunakan di Apple iMac Desktop ataupun
Apple Notebook.
Gambar 2.26. Mac OS
-
Linux pertama kali dikeluarkan tahun 1991 oleh Linus Torvald.
Linux ini
merupakan salah satu varian dari Sistem Operasi Unix. Linux Generasi I
merupakan Sistem Operasi berbasis Teks. Setelah Linux berkembang pesat karena
sifatnya open source, maka Linux saat ini telah berbasiskan grafis sebagai
antar mukanya. Dan Linux itu terdiri dari beberapa distribusi (distro
Pengembang) :
Beberapa
contoh distro linux di bawah ini :
1.
Mandrake
2.
Suse
3.
Fedora Core dan sebagainya
Gambar 2.27. Distro Linux
2.2.2. Perangkat lunak
aplikasi
Merupakan
perangkat lunak yang berfungsi untuk membantu melakukan berbagai bentuk tugas
perkantoran seperti pengolah kata (word processor), lembar sebar (spreadsheet),
presentasi (presentation), pengolahan halaman web (web design)
hingga perangkat media player dan sebagainya, hal ini sudah berkembang sejak
sistem operasi tersebut dikembangkan. Perangkat lunak aplikasi terdiri dari :
2.2.2.1.
Program bantu (Utility)
Merupakan
suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem
operasi seperti yang
dijelaskan diatas,
seperti, antivirus,
defragmenter, format disket, periksa sistem dan sebagainya.
2.2.2.2.
Bahasa Pemrograman
Merupakan
suatu aplikasi yang berguna mengkonversi perhitungan yang bersifat matematis
menjadi suatu aplikasi. Sebagai contoh bahasa pemrograman Bahasa BASIC, COBOL,
C++ dan sebagainya.
2.3.
Pengguna (User/Brainware)
Pennguna
(user/brainware) dalam hal ini manusia merupakan pemakai perangkat‐perangkat
komputer yang dibedakan atas tiga tingkatan pengguna yaitu :
2.3.1.
System Analyst
System
analyst adalah seseorang yang melakukan
rancangan analisa sistem yang akan dikerjakan oleh seorang
programmer.
2.3.2.
Programmer
Programmer
adalah orang yang mengerjakan hasil analisa menjadi bahasa program atau program
aplikasi
2.3.3.
Operator
Operator
adalah seseorang yang
menjalankan atau menggunakan program
komputer dalam melaksanakan aktivitasnya sehari‐hari
2.4.
Soal-soal Latihan :
1.
Tuliskan komponen sistem komputer
2.
Gambarkan blok diagram sistem komputer
3.
Identifikasikan perangkat keras komputer
4.
Identifikasikan perangkat lunak komputer
5.
Identifikasikan pengguna computer
KEGIATAN BELAJAR 2
MENGOPERASIKAN
SISTEM OPERASI BERBASIS GUI
Pada pokok
bahasan ini akan membahas tentang bagaimana menjalankan komputer yang dimulai
dari mempersiapkan penyalaan komputer, menyalakan komputer, mengoperasikan
komputer, mematikan komputer (shut down), restart komputer.
3.1.
Mempersiapkan Penyalaan Komputer
Hal yang
perlu di perhatikan sebelum menyalakan komputer antara lain :
3.1.1.
Pastikan perangkat‐perangkat seperti keyboard, mouse, monitor sudah terpasang dengan benar
3.1.2.
Pastikan bahwa power supply komputer sdh tersambung ke UPS
atau stabiliser atau langsung ke jala‐jala listrik PLN.
3.1.3.
Pastikan bahwa komputer tersebut sudah terinstall sistem operasi dari program
aplikasi yang dibutuhkan.
3.1.4.
Pastikan bahwa disekitar komputer tidak terdapat minuman atau makanan yang
mengandung air
3.2.
Menyalakan Komputer
Langkah‐langkah
menyalakan komputer dengan langkah sebagai berikut :
3.2.1.
Menekan tombol power pada CPU kemudian diikuti dengan menekan tombol
power monitor, lihat gambar 3.1.1
3.2.2.
Pastikan gambar tampilan POST (Power On Self Test) sukses sehingga muncul
di layar seperti pada gambar 3.1.2
3.2.3.
Tunggu hingga tampilan Sistem operasi muncul seperti pada gambar 3.1.3
Gambar 3.1. Proses Penyalaan Komputer
3.2.4. Jika
sistem operasi yang digunakan terproteksi atau membutuhkan password untuk log
in, maka masukkan yang sesuai pada user yang di pilih, tetapi jika tidak
membutuhkan tekan salah satu user log in yang tersedia
3.2.5.
Selanjutnya tunggu hingga ruang kerja atau dekstop sistem operasi muncul
seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini
Gambar 3.2. Tampilan dekstop pada operasi
Windows
3.3.
Mengoperasikan Komputer
Megoperasikan
komputer dapat menggunakan perintah melalui keyboard (keyboard shortcut) atau
menggunakan mouse untuk menekan tombol‐tombol yang telah disiapkan oleh
sistem operasi yang digunakan. Perhatikan penjelasan berikut ini :
3.3.1. Menggunakan Start Menu
Berfungsi
untuk memulai suatu program atau aplikasi. perhatikan tombol ini terletak
dibawah sudut kiri desktop.
Gambar 3.3. Start Menu
Untuk
menggunakan tombol start menu adalah dengan mengklik satu kali hingga muncul
menu kemudian arahkan pointer ke arah yang diinginkan tanpa mengklik, karena
dengan sendirinya menu tersebut akan terbuka. Perhatikan gambar berikut :
Sebagai
latihan, bila ingin menunjuk suatu aplikasi sebagai contoh internet explorer,
klik start menu kemudian arahkan pointer ke Programs, lalu arahkan ke Internet
Explorer. Perhatikan garis dibawah salah satu huruf di start menu, perintah
diatas dapat digunakan dengan mengetik tombol start di keyboard dan huruf yang
digaris bawah. Lalu kursor di keyboard untuk memilih menu yang diinginkan.
Gambar 3.4 aktivasi start menu
Tips : Bila keyboard tidak dilengkapi
dengan
tombol start,
maka lakukan kombinasi tombol
CTRL + ESC
|
3.3.2.
Mengenal Taskbar
Terdapat di
bagian bawah ruang kerja desktop Sistem Operasi, berguna untuk menjalankan
aplikasi, dan mengalihkan antar program aplikasi yang aktif.
Gambar 3.5. Taskbar
3.4.
Mematikan Komputer (Shut Down)
Apakah
fungsi shutdown tersebut ? Fungsi ini dipergunakan untuk me‐non
fungsikan sistem operasi dan perangkat keras lainnya dalam keadaan mati (off).
Untuk itu perhatikan langkah‐langkah shutdown yaitu sebagai berikut :
Gambar 3.6. Shutdown Komputer
3.4.1.
Langkah Pertama
Klik start
menu lalu klik tombol Shut Down atau Turn of Komputer seperti
gambar 3.6. di atas.
3.4.2.
Langkah Kedua
Setelah
mengklik tombol Shutdown, maka menu Shut Down Windows tampil
dan langkah selanjutnya klik Ok, seperti pada gambar 3.7. berikut :
Setelah Shut
Down aktif maka selanjutnya windows aka menampilkan jendela Log
off seperti gambar 3.8. berikut :
Gambar 3.7 Jendela untuk
Shutdown Gambar 3.8. Proses
Loggin Off
3.5.
Restart Komputer
Restart
berfungsi untuk memulai komputer kembali dari awal, fungsinya hampir sama
dengan Shut Down. Tetapi untuk Restart, komputer dalam keadaan hidup
tetapi sistem akan berjalan dari awal. Langkah‐ langkahnya sama seperti pada Shut
Down, dan menu yang dipilih adalah Restart, lalu klik Ok.
3.6.
Log Off Komputer
Fungsi ini
berguna untuk mengganti pengguna (user). Dalam arti kata, apabila komputer ini
dipergunakan oleh beberapa orang, data yang bersifat pribadi tidak biisa dibuka
oleh pengguna lain.
3.5.
Stand By Komputer
Fungsi ini
berguna untuk menjaga agar komputer dalam keadaan siaga, atau dalam keadaan
hidup bila ingin terus menghubungkan komputer dengan internet, telepon dan
sebagainya.
3.5.
Hibernate Komputer
Fungsi ini
bertugas menyimpan data-data terakhir didalam suatu aplikasi, sehingga bila
komputer dimatikan dalam proses ini, dan komputer dihidupkan kembali, data atau
aplikasi akan terlihat seperti sebelum dimatikan.
0 Responses to "TIK":
Posting Komentar